About

Dilansir dari laman https://kumparan.com/millennial/5-ptn-dengan-jurusan-kuliah-paud-terakreditasi-a-1qEamqolm88/full, buat kamu yang senang berada di antara anak-anak kecil dan ingin menjadi guru, jurusan kuliah Pendidikan Anak Usia Dini alias PAUD bisa jadi pilihan yang cocok. 

Di jurusan ini, kamu akan dipersiapkan untuk menjadi pendidik dan pembimbing anak-anak di Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Tempat Penitipan Anak (TPA), dan Satuan PAUD.

Jurusan kuliah PAUD enggak cuma mengajarkanmu cara mengajar. Tapi juga menuntutmu untuk menguasai profil perkembangan fisik dan psikologis anak usia dini. 

Kalau tertarik, kamu bisa memilih jurusan PAUD yang telah terakreditasi A di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN). Akreditasi ini didapat dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). 

Penilaian akreditasi program studi atau jurusan dari BAN PT ini sendiri, meliputi tujuh faktor. 

Di antaranya yaitu, visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaiannya; tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu; mahasiswa dan lulusan; sumber daya manusia; kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik; pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi; penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

PAUD UNJ juga mendapat akreditasi A pada 2017. Pada semester awal, kamu akan diajarkan tentang Perkembangan Anak Usia 0-8 Tahun, Pengembangan Karier PAUD, dan Gizi Anak Usia Dini. 

Sementara untuk semester tengah, pilihan mata kuliahnya yaitu Sains untuk Anak Usia Dini, Matematika PAUD, Seni PAUD, sampai Motorik PAUD.

Dilansir dari laman https://unjkita.com, jurusan pendidikan yang cenderung dipandang sebelah mata. Sehingga munculah istilah “Mentok-mentok jadi guru” seakan menyiratkan bahwa menjadi pendidik merupakan pilihan paling akhir. 

Padahal kenyataannya, menjadi pendidik bukan perkara mudah karena mereka bertugas memanusiakan manusia.

Ada salah seorang rekan mahasiswa dari jurusan PG-PAUD UNJ yang mendapat pengalaman di-judge sana-sini oleh banyak orang karena jurusannya. Banyak yang mengatakan “Ngapain kuliah jurusan PAUD, lulus SMA juga bisa jadi guru PAUD!”. 

Banyak yang merendahkan hingga suatu ketika mereka secara spontan mengatakan “Aduh ribet banget sih ngurusin anak kecil satu ini”. Look! It’s not easy as you said!
Subscribe Our Newsletter