Program Prasekolah Campbell 'Lebih Dari Sekadar Child Care'

1 comment

Bersiap untuk belajar: Program prasekolah Campbell 'lebih dari sekadar child care'.

Mike James | The Daily Independent

Bersiap untuk belajar: Program prasekolah Campbell 'lebih dari sekadar child care'.
Sumber: Mike James | The Daily Independent

Dunia akademis yang dimulai dengan taman kanak-kanak.

Di mana anak-anak melihat satu set stempel karet dengan huruf di atasnya, guru prasekolah melihat pengantar alfabet.

Ketika anak-anak membangun menara Lego, guru mereka melihat mereka mengembangkan keterampilan motorik halus.

Saat mereka membuat kue pura-pura bersama, guru melihat kerja sama dan kerja tim.

Singkatnya, bermain bersama di prasekolah mempersiapkan anak-anak untuk dunia akademis yang dimulai dengan taman kanak-kanak.

“Ini lebih dari sekedar child care. Banyak orang tua menyekolahkan anak mereka setidaknya sebagian karena mereka membutuhkan pengasuhan anak, tetapi mereka tidak tahu seberapa banyak pemikiran dan latihan yang dimasukkan ke dalamnya,” kata kepala sekolah SD Campbell Abby Laber, yang juga direktur program prasekolah Campbell.

Kebutuhan skolastik anak usia 4 tahun adalah hal baru

Ini adalah fenomena yang tidak cukup dipahami sepenuhnya oleh orang tua. Faktanya, Laber sendiri baru menyadari pentingnya prasekolah sejak dia dipekerjakan sebagai kepala sekolah tiga tahun lalu. Sebelumnya karirnya adalah di SMP dan SMA, jadi kebutuhan skolastik anak usia 4 tahun adalah hal baru baginya seperti halnya orang tua muda mana pun.

“Mereka memang bermain - untuk belajar - tapi itu semua terkait dengan perkembangan sosial dan emosional,” katanya.

Guru prasekolah di Campbell ingin lebih banyak orang tua untuk memahami sepenuhnya bagaimana pendidikan anak usia dini mempersiapkan anak-anak mereka untuk langkah selanjutnya dalam pendidikan mereka dan itulah mengapa mereka berencana untuk mengamati Minggu Anak Kecil 10-16 April.

Minggu itu adalah pembentukan Asosiasi Nasional untuk Pendidikan Anak Muda. Ini adalah perayaan tahunan yang memusatkan perhatian publik pada peran program prasekolah dalam perkembangan anak.

Di Campbell, akan ada kegiatan setiap hari untuk anak-anak dan keluarga mereka yang dimaksudkan untuk mengilustrasikan bagaimana prasekolah mendidik melalui permainan - dan bagaimana itu menekankan keterlibatan keluarga.

Program Prasekolah Campbell 'Lebih Dari Sekadar Child Care'
Sumber: Mike James | The Daily Independent

Keluarga adalah guru pertama.

“Bagian terbesar dari prasekolah adalah keterlibatan keluarga, yang saya sukai karena keluarga adalah guru pertama. Kami ingin orang tua berinvestasi, membeli, membacakan untuk anak-anak mereka setiap malam, dan bekerja dengan guru mereka untuk hasil terbaik,” kata Laber.

Kegiatan minggu ini akan dimulai dengan Music Monday, dengan anak-anak dan orang tua mereka membuat alat musik sederhana di rumah dan membagikan video mereka memainkannya, menurut guru prasekolah Miranda Newland.

Kegiatan lain sepanjang minggu ini termasuk mengumpulkan sekotak sereal untuk dapur makanan - dan membuat rantai cereal-box-domino untuk dirobohkan, mengenakan pakaian paling berantakan dan mengecat dengan plunger, dan melakukan pembersihan halaman sekolah dan penanaman bunga, kata Newland.

“Kami ingin mengadvokasi pendidikan anak usia dini dan fokus pada pengembangan keterampilan dasar tersebut. Penelitian telah membuktikan hal itu membuat anak-anak lebih siap dan lebih sukses (di sekolah),” kata Newland.

Prasekolah tidak semuanya bermain. Program sekolah umum biasanya menawarkan terapi wicara, okupasi, dan fisik sesuai kebutuhan.

Mengidentifikasi anak-anak dengan keterlambatan dalam keterampilan komunikasi

Misalnya, penting untuk mengidentifikasi anak-anak dengan keterlambatan dalam keterampilan komunikasi dan mulai bekerja dengan mereka sejak dini sehingga mereka akan lebih mampu berkomunikasi setelah mereka mencapai taman kanak-kanak, kata terapis wicara Campbell Jill Sheridan.

“Jika mereka tidak mendapatkan bantuan, komunikasi menjadi frustasi dan itu mempengaruhi semua bidang pembelajaran.... Ini memengaruhi akses mereka untuk belajar karena mereka tidak dapat mengkomunikasikan apa yang mereka ketahui dan apa yang tidak mereka ketahui,” katanya.

Dalam perkembangan bahasa, bahasa lisan berkembang terlebih dahulu, kemudian bergabung menjadi bunyi huruf dan membaca, sehingga kesulitan berbicara berkorelasi dengan kesulitan membaca, katanya.

Sejumlah besar anak-anak dibesarkan oleh kakek-nenek mereka

Menyebarkan berita tentang prasekolah sangat penting di wilayah di mana sejumlah besar anak-anak dibesarkan oleh kakek-nenek mereka, kata Laber.

Kakek-nenek yang tidak berhubungan dengan sistem pendidikan untuk sementara waktu mungkin tidak tahu banyak tentang prasekolah, atau mungkin karena niat terbaiknya percaya bahwa anak-anak yang masih sangat kecil harus tinggal di rumah, katanya.

“Tetapi meskipun mereka memiliki kemampuan untuk menjaganya, penting untuk mencoba prasekolah, karena anak-anak dapat belajar banyak di luar rumah,” katanya.

Sumber: https://www.dailyindependent.com/news/getting-ready-to-learn-campbell-preschool-program-so-much-more-than-child-care/article_4344b328-8e76-11eb-a5d6-1371fc6f4839.html

Demikianlah artikel bersiap untuk belajar: Program prasekolah Campbell 'lebih dari sekadar child care'.

Marzuki
Menyukai blogging sejak bangku kuliah di prodi PG-PAUD sebuah PTN di Jakarta. Tulisan atau terjemahan di https://www.marzuki.eu.org ini saya persembahkan untuk orang tua & pendidik di tanah air.

Related Posts

1 comment

Subscribe Our Newsletter