Anak Usia Dini Adalah Tempat Kesehatan Dimulai

Post a Comment

Dr. Dale Dobrin: Anak usia dini adalah tempat kesehatan dimulai, atau tidak.

Sebagai dokter dan pendidik, kita tahu waktu yang tepat sangat penting dalam perawatan kesehatan dan pendidikan. Terlalu sedikit atau terlalu terlambat dapat membuat perawatan terbaik menjadi kurang efektif.

Ditulis Oleh: Dale Dobrin

Dr. Dale Dobrin: Anak usia dini adalah tempat kesehatan dimulai, atau tidak.

Sebagai dokter dan pendidik, kita tahu waktu yang tepat sangat penting dalam perawatan kesehatan dan pendidikan. Terlalu sedikit atau terlalu terlambat dapat membuat perawatan terbaik menjadi kurang efektif.

Masa keemasan bagi perkembangan otak

Bagi anak bungsu kita, sejak lahir hingga usia 3 tahun adalah masa keemasan bagi perkembangan otak yang pesat, ketika setiap interaksi dengan orang tua atau orang dewasa yang peduli adalah momen pembelajaran. 

Selama kehamilan dan tiga tahun berikutnya, sirkuit otak dibangun yang memengaruhi kesehatan, perilaku, dan pembelajaran sepanjang hidup. Untuk upaya memperkuat perkembangan dini, pengaturan waktu sangat penting karena 90% perkembangan otak terjadi pada 3 tahun pertama tersebut. Otak sebenarnya berukuran dua kali lipat di tahun pertama!

Pengasuhan yang sehat dalam 6-12 minggu pertama kehidupan dengan memeluk, membaca, menghitung, dan interaksi "ke sana kemari" dengan orang yang dicintai memenuhi otak bayi, yang dipersiapkan untuk interaksi ini. 

Jutaan koneksi sel otak permanen dibuat

Jutaan koneksi sel otak permanen dibuat setiap jam ketika interaksi ini terjadi dalam suasana tenang dan tanpa stres – manfaatnya bagi kesehatan mental, fisik, dan pembelajaran sangat besar. Sebagai alternatif, untuk setiap 40.000 kelahiran ke-3 Minnesotans dan orang tua mereka yang hidupnya penuh dengan rasa tidak aman sejak lahir, sekolah dan kehidupan bisa menjadi perjuangan.

Sementara stres yang terputus-putus dan dapat dikelola diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan normal, stres kronis, tak henti-hentinya, dan intens berdampak buruk pada pikiran dan tubuh. 

Stres kronis akibat kemiskinan, ketidakadilan rasial, atau kesehatan yang buruk mengganggu kemampuan orang tua untuk menyediakan rumah yang tenang dan stres rendah. Fasilitas penitipan anak yang tidak memadai dan penuh sesak juga dapat membuat stres, mengganggu perkembangan otak dini.

Perkembangan anak usia dini penting dalam menentukan kesehatan masa depan 

Penelitian tentang hubungan otak-tubuh menunjukkan bahwa perkembangan anak usia dini penting dalam menentukan kesehatan masa depan. Semakin sehat otak seseorang, semakin sehat pula tubuhnya.

Selain masalah dengan ADHD, gangguan kesehatan mental seperti kecemasan dan depresi, dan kesulitan dengan hubungan dan gangguan penyalahgunaan zat, orang tanpa awal yang sehat juga menderita masalah kesehatan fisik jauh lebih banyak daripada orang dengan awal yang sehat. 

Masalah-masalah ini termasuk tekanan darah tinggi, diabetes, kerentanan terhadap penyakit menular (seperti yang ditunjukkan oleh pandemi COVID dengan jelas), penyakit jantung, stroke, dan bahkan jenis kanker.

Seperti yang kita ketahui, orang-orang miskin, orang kulit berwarna, dan orang-orang di lokasi pedesaan yang lebih terpencil dan kota-kota kecil paling menderita dari kehidupan perjuangan dan penyakit. 

Langkah-langkah parlemen

Untungnya, ada harapan yang ditawarkan oleh paket penyelamatan dan pemulihan yang disahkan di tingkat Federal atau sedang diusulkan. 

Sementara itu, penting bagi anggota parlemen lokal kami, baik di seluruh negara bagian dan kota untuk mengambil langkah-langkah untuk menggunakan uang yang tersedia bagi mereka dari pemerintah Federal untuk mencegah bayi dan anak kecil dan keluarga mereka jatuh di bawah awan.

Minnesota beruntung memiliki lebih dari $1,6 miliar dari sumber federal dan lebih dari $1 miliar dalam surplus anggarannya sendiri. Uang yang tidak digunakan dari sumber Federal ini harus dikembalikan. 

Akan sangat disayangkan jika hal ini terjadi ketika begitu banyak warga Minnesota, baik tua maupun muda, membutuhkan bantuan. Ini bukan saatnya bagi pembuat undang-undang untuk mengadu domba muda dengan tua atau penyandang disabilitas. 

Saatnya para pembuat undang-undang bertindak.

Semua bisa mendapatkan keuntungan dari dana ini. Sekarang saatnya para pembuat undang-undang bertindak.

Silakan hubungi legislator dan pejabat lokal Anda dan beri tahu mereka betapa pentingnya bagi Anda untuk mengambil tindakan SEKARANG. Legislatif kembali ke sesi khusus Senin, 14 Juni. Silakan hubungi anggota parlemen Anda di www.gis.leg dan para pemimpin DPR (Hortman, Winkler) dan Senat (Gazelka, Abeler, Benson) segera. 

Apa yang ada di hadapan mereka saat ini mungkin merupakan kesempatan sekali seumur hidup untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan begitu banyak warga Minnesota, sekarang dan di masa depan. Jangan biarkan mereka menyia-nyiakan kesempatan ini dengan membicarakan “deep tail” imajiner di tahun 2026-7!

Dokter untuk Anak Usia Dini: Dale Dobrin, MD, Mary Meland, MD, Roger Sheldon, MD, Ada Alden.

Dale T. Dobrin, MD, adalah dokter bersertifikat American Board of Pediatrics di South Lake Pediatrics di Twin Cities.

Referensi: Jack Shonkoff, MD, Direktur Pusat Pengembangan Anak Harvard di Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan di Universitas Harvard.

Sumber:https://www.postbulletin.com/opinion/columns/7074162-Dr.-Dale-Dobrin-Early-childhood-is-where-health-begins-or-doesnt

5 Sterne Hotel Bali Nusa Dua
-->> https://bit.ly/39J5fP2, 5 sterne hotel Bali strand, fünf sterne hotel Bali, 5 Sterne Hotel Bali Nusa Dua

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter