Pemindaian Retina Untuk Mengidentifikasi Autisme Anak Usia Dini

Ilmuwan HK mengembangkan teknologi pemindaian retina untuk mengidentifikasi autisme anak usia dini.

Pemindaian Retina Untuk Mengidentifikasi Autisme Anak Usia Dini
Sumber: https://whbl.com/2021/03/14/hk-scientist-develops-retinal-scan-technology-to-identify-early-childhood-autism/

Oleh Aleksander Solum

HONG KONG (Reuters) - Seorang ilmuwan Hong Kong telah mengembangkan metode untuk menggunakan machine learning dan kecerdasan buatan untuk memindai retina anak-anak berusia enam tahun untuk mendeteksi autisme dini atau risiko autisme dan berharap untuk mengembangkan produk komersial tahun ini.

Pemindaian retina mata dapat membantu meningkatkan deteksi dini dan hasil pengobatan untuk anak-anak, kata Benny Zee, seorang profesor di Universitas Cina Hong Kong.

Pentingnya Memulai Intervensi Dini

"Pentingnya memulai intervensi dini adalah mereka masih tumbuh, mereka masih berkembang. Jadi ada peluang sukses yang lebih besar, "kata Zee.

Metodenya menggunakan kamera resolusi tinggi dengan perangkat lunak komputer baru yang menganalisis kombinasi faktor termasuk lapisan serat dan pembuluh darah di mata.

Teknologi ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi anak-anak yang berisiko autisme dan memasukkan mereka ke dalam program pengobatan lebih cepat, kata Zee.

Tujuh puluh anak diuji menggunakan teknologi tersebut, 46 dengan autisme dan 24 kelompok kontrol. Teknologi tersebut mampu mengidentifikasi anak-anak dengan autisme sebanyak 95,7 persen. Usia rata-rata yang diuji adalah 13, dengan yang termuda enam tahun.

Temuan Zee telah dipublikasikan di EClinicalMedicine, jurnal medis yang ditinjau sejawat.

Menghadapi Stigma Besar

Spesialis autisme menyambut baik temuannya tetapi mengatakan masih ada stigma besar, dengan orang tua sering enggan untuk percaya bahwa anak-anak mereka memiliki autisme bahkan ketika ada tanda-tanda yang jelas.

"Sering kali, orang tua awalnya akan menyangkal," kata Dr Caleb Knight, yang menjalankan pusat terapi autisme swasta.

"Jika Anda menjalani tes medis atau penanda biologis seperti ini, ini mungkin memudahkan orang tua untuk tidak menyangkal untuk waktu yang lebih lama dan oleh karena itu anak akan mendapatkan perawatan lebih cepat."

Anak-anak dengan autisme harus menunggu sekitar 80 minggu untuk menemui spesialis di sektor medis publik, menurut pernyataan email dari pemerintah Hong Kong.

Zee mengatakan kepada Reuters bahwa penelitiannya dimaksudkan sebagai alat tambahan untuk penilaian profesional oleh profesional perawatan kesehatan berlisensi.

(Reportasi oleh Aleksander Solum; Ditulis oleh Farah Master; Editing oleh Karishma Singh dan Michael Perry)

Sumber: https://whbl.com/2021/03/14/hk-scientist-develops-retinal-scan-technology-to-identify-early-childhood-autism/

Demikianlah artikel pemindaian retina untuk mengidentifikasi autisme anak usia dini.

Marzuki
Menyukai blogging sejak bangku kuliah di prodi PG-PAUD sebuah PTN di Jakarta. Tulisan atau terjemahan di https://www.marzuki.eu.org ini saya persembahkan untuk orang tua & pendidik di tanah air.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter