Montessori Merevolusi Pendidikan Untuk Anak-anak Dengan Ketidakmampuan Belajar

Post a Comment

Montessori merevolusi pendidikan untuk anak-anak dengan ketidakmampuan belajar.

Anastasia Matano

Montessori Merevolusi Pendidikan Untuk Anak-anak Dengan Ketidakmampuan Belajar
Sumber: https://theticker.org/3361/opinions/montessori-revolutionizes-education-for-children-with-learning-disabilities

Women's History Month menyoroti sejumlah besar inspirasi perempuan sepanjang sejarah, dan setiap tahun daftar itu bertambah panjang ketika kita menemukan aktivis, ilmuwan, penulis, dan jenius tersembunyi yang gagal dihormati oleh sejarah konvensional.

Di antara daftar itu ada nama yang tidak akan dikenal banyak orang tetapi semua harus tahu: Maria Montessori.

Metode Pendidikan Montessori

Montessori adalah wanita yang bertanggung jawab atas Metode Montessori, metode pendidikan yang menyoroti kemampuan alami anak untuk belajar dari diri mereka sendiri dan lingkungan sekitarnya. Dia adalah salah satu pendukung pertama pendidikan progresif dan menghabiskan beberapa dekade menyusun dan mengajar metodenya.

Dilahirkan pada tahun 1870 sebagai Maria Tecla Artemisia Montessori di Chiaravalle, Italia, Montessori tumbuh dengan lingkungan yang menghargai pengetahuan dan pendidikan. Ayahnya adalah seorang manajer keuangan yang sukses dan ibunya adalah seorang pembaca yang rakus, suatu sifat yang dianggap tidak biasa bagi seorang wanita di akhir tahun 1800-an.

Montessori adalah pemecah batas sejak usia muda. Pada usia 13 tahun, Montessori masuk ke institusi teknis khusus laki-laki dengan tujuan menjadi seorang insinyur. Bertahun-tahun berlalu, dia menemukan panggilan sejatinya, pada kenyataannya, dalam kedokteran.

Montessori salah satu dokter wanita pertama di Italia

Meskipun ditolak oleh program medis Universitas Roma, Montessori bertahan dan menyelesaikan kursus pendahuluan yang cukup untuk menghadiri sekolah kedokteran.

"Saya tahu saya akan menjadi seorang dokter," tegasnya saat wawancara universitas.

Tahun-tahun awalnya sulit karena diskriminasi yang dia hadapi dari rekan pria, tetapi seperti semua wanita kuat dalam sejarah, Montessori tidak pernah menyerah. Dia lulus pada tahun 1896 dan menjadi salah satu dokter wanita pertama di Italia.

Warisan Montessori berasal dari fokusnya pada pendidikan, tetapi dia juga menghabiskan sebagian besar hidupnya sebagai pendukung feminisme dan perubahan sosial. Pada tahun 1896, dia berbicara di Kongres Internasional untuk Wanita di Berlin, di mana dia memperjuangkan perlakuan dan upah yang sama bagi wanita pekerja.

Montessori memiliki bakat observasi yang tajam

Karirnya di pendidikan masa kanak-kanak dimulai dengan kunjungannya ke rumah sakit jiwa anak-anak sebagai bagian dari program penelitian psikiatri. Montessori memiliki bakat observasi yang tajam dan melihat bahwa perilaku merugikan anak-anak diakibatkan oleh kurangnya stimulasi sensorik. Penelitiannya dengan cepat bergeser ke fokus pada anak-anak dengan ketidakmampuan belajar.

Penelitian Montessori menginspirasinya untuk membayangkan dunia di mana pendidikan dapat mengubah lanskap sosiopolitik tidak hanya di Italia, tetapi juga dunia.

Dalam pidatonya pada tahun 1897 di National Medical Congress di Turin, dia membuat salah satu pernyataan pendidikan paling kontroversial pada saat itu, dengan alasan bahwa kurangnya "persediaan yang memadai untuk anak-anak dengan gangguan mental dan emosional" sebenarnya adalah sumber dari "kenakalan mereka.”

Casa dei Bambini, institut Montessori pertama di dunia

Montessori sangat yakin bahwa selama anak-anak memiliki bekal untuk belajar, terlepas dari status sosial ekonomi, mereka dapat melakukannya tanpa gagal. Hal ini menyebabkan dibukanya Casa dei Bambini, institut Montessori pertama di dunia.

Casa dei Bambini, atau "Rumah Anak-Anak", dibuka pada tahun 1907 sebagai bagian dari upaya untuk mendidik populasi kecil anak-anak di San Lorenzo, yang pada saat itu dikenal sebagai "rasa malu Italia." Montessori memberi anak-anak ini serangkaian aktivitas dan menyimpan yang paling menarik bagi anak-anak.

Melalui observasi, dia menyadari bahwa ketika anak-anak ditempatkan di lingkungan di mana aktivitas dirancang untuk mendukung perkembangan saraf alami, anak-anak dapat mengajar sendiri.

Casa dei Bambini dengan cepat menarik minat nasional dan internasional karena keberhasilannya yang pesat.

"Anak-anak ajaib" Montessori

Para pejabat tinggi melakukan perjalanan jauh dan luas untuk menyaksikan "anak-anak ajaib" Montessori yang tidak hanya dapat membaca dan menulis pada usia 5 tahun tetapi juga menunjukkan tingkat konsentrasi, perhatian, dan disiplin yang mengesankan. Pada tahun 1908, empat institusi lain telah dibentuk dengan tujuan mencerminkan kesuksesan Casa dei Bambini yang pertama.

Montessori melanjutkan ke batas baru dengan menciptakan institusi untuk anak-anak dan remaja. Dia mengakui bahwa remaja membutuhkan lingkungan di mana kegiatan mempromosikan pemahaman diri dan perspektif global.

Prinsip dasar pendidikan Montessori

Pendidikan Montessori telah berkembang sejak didirikan pada tahun 1907, tetapi prinsip dasarnya tetap sama.

Menghormati anak, memahami periode belajar sensitif anak, dan memastikan bahwa peran guru adalah untuk mengamati dan membimbing, bukan menghukum dan menegakkan, adalah hal yang membuat metode Montessori sukses yang jauh lebih lama dari penciptanya.

Saat ini, hampir 20.000 sekolah Montessori ada di seluruh dunia, dengan 5.000 beroperasi di Amerika Serikat.

Kemanjuran pendidikan Montessori 

Studi modern tentang kemanjuran pendidikan Montessori yang tak terbantahkan telah membuktikan bahwa metode Montessori lebih dari sekadar pukulan jenius - metode ini memiliki efek abadi pada kemampuan anak untuk belajar, menyerap, dan memperoleh kemandirian.

Household names (seseorang atau hal yang dikenal oleh publik) seperti CEO Amazon Jeff Bezos dan salah satu pendiri Google Larry Page adalah bukti pernyataan ini, karena keduanya bersekolah di Montessori preschool.

Montessori akan dihormati dalam sejarah sebagai pelopor pendidikan dan ikon feminis. Warisannya terus membantu perkembangan anak-anak dan remaja selama lebih dari satu abad dan akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya.

Sumber: https://theticker.org/3361/opinions/montessori-revolutionizes-education-for-children-with-learning-disabilities

Demikianlah artikel mengenai Montessori merevolusi pendidikan untuk anak-anak dengan ketidakmampuan belajar.

5 Sterne Hotel Bali Nusa Dua
-->> https://bit.ly/39J5fP2, 5 sterne hotel Bali strand, fünf sterne hotel Bali, 5 Sterne Hotel Bali Nusa Dua

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter